Saturday, August 28, 2010

KATA TERAKHIR UNTUKMU

Tulisan Elsa Arliana

" sya mia kemana ? belum keluarjuga dia ? " Tanya Tania yang baru datang .



" Mia masih di kelasnya . diabelum keluar kan sekarang pelajaran matematika , kata Mia sih gurunya suka lupawaktu , " jawabku singkat .



Suasana sekolah memeng sudah sepi, sepertinya hanya kelas Mia saja yang belum keluar. Tak aneh rasanya bilasetiap hari kamis kelas Mia selalu telat keluar. Aku dan Tania memang sudahbiasa menunggu Mia seperti ini. Tak beberapa lama aku mendengar langkah kakiyang mendekati kami dan ternyata itu Mia.



"Sorry guys aku telat, abis tadigurunya benar-benar asyik sendiri dengan pelajaran yang susah itu. Hhhh.. aku betebanget ngedengerin ocehan guru aku tentang angka-angka yang sudah jelas-jelasaku ga ngerti sama sekali, " omel Mia kepada kami .



Sahabatku yang satu ini sangattidak suka dengan pelajaran matematika yang menurutku pelajaran ini sangatmenyenangkan . walaupun kami memiliki perbedaan pendapat dengan matematika Miatermasuk sahabat yang baik sehingga persahabatan kami sudah terjalin cukup lama.



" karena kamu udah buat aku dan Alisya menunggu cukup lama , kamu harus mentlaktir friench fries , " goda Tania dengan berpura-pura marah .



Dengan pasrah Mia menjawab , "iah deh , karena kalian udah rela nungguin aku . aku bakal mentlaktir kalian friench fries sepuasnya . "



" asyyyyyyyyyiiiiiiiiiiiik , padahal tadi aku Cuma bercanda loooh , " ucap Tania yang sangat kegirangan . ya ampun sahabatku yang satu ini hobby banget makan . padahal kalo dilihat-lihat postur tubuh Tania bisa dibilang mungil loh (aku bilangnya mungil loh bukan kecil) .



Dengan pura-pura marah Mia hanya berkata " huh dasar , dikira aku kalian beneran marah , ya sudah kalau Cuma bercanda aku ga jadi mentlaktir kalian . " saat itu pula mulut Tania menjadi manyun . Melihat tingkah Tania seperti itu aku dan Mia hanya bias tertawa.



" Mia jangan menggoda Tania lagi . sudah cukup dia manyun seperti itu karena ulah mu , "ucapku disela-sela tawa . tak bisa dipungkiri sahabat-sahabatku ini sangatlah lucu. Aku sangat beruntung memiliki sahabat seperti mereka .



" oke oke aku Cumabercanda Tania , aku jadi ko mentlaktir kalian , " ucap Mia dengan pasrah dan saat itu pula Tania tersenyum penuh kemenangan .



*****



Saat berjalan keluar sekolah aku melihat sosok yang sangat ku kenal . Saat itu pula beribu pertanyaan datang menghantui . Ngapain dia kemari ? Ada apa ? Mengapa dia datang sendiri ?



" Alisya , "panggil cowo itu . otomatis saat itu pula Tania dan Mia melihat cowo itu .tanpa berfikir panjang cowo itu datang menghampiriku .



" hai Randy ,tumben kemari . ada apa ? " tanyaku tampa bisa menghilangkan rasa kagetku .Randy hanya bisa menjawab , " aku kesini ada perlu denganmu . "



Aneh rasanya ,jujur saja saja sebelumnya Randy pernah menemuiku sendirian . baisanya bila akubertemu dengannya , dia selalu bersama dengan yang lainnya . tapi sekarang dia datangmenemuiku sendirian . pasti ada sesuatu yang sangat penting yang ingin diasampaikan , buktinya dia sampai rela-rela datang kesekolahku untuk menemuiku .



Sesaat kemudian aku teringat bahwa aku belum memperkenalkan mereka . " yaampun sampai lupa ,Mia , Tania kenalkan ini Randy temanku . Randy kenalkan ini Mia dan Taniasahabatku . " Merekapun saling berjabat tangan dan memperkenalkan diri satusama lain .



" Sya hari ini bisa ikut aku ? ini sangat penting , " Tanya Randy . di lihat dari cara bertanya sepertinya ada hal yang sanggat penting yang ingin Randy katakana dan Randy sepertinya ingin memintaku untuk menjawab ya aku bisa ikut denganmu . akhirnya ku putuskan untuk mengikuti keinginannya , " oke aku bisa , memangnya ada apa ? dan mau kemana ? " jawabku dengan penuh rasapenasaran . Randy pun hanya menjawab , " nanti aku jelaskan di jalan . kitaharus pergi sekarang , aku tunggu kamu di parkiran , " sambil berlalu menujuparkiran tempat ia memarkirkan motornya .



Aku hanya mendengus melihat sikap Randy yang begitu dingin . entah bagaimana Indra bisa bersahabat dengan randy yang mempunyai sikap yang menurutku itu aneh . randy selalu ramah dan baik terhadap sahabat-sahabatnya bahkan juga terhadap pacar sahabat-sahabatnya .



Tapi sifat Randy bisa berubah menjadi jutek dan dingin didepan orang yang belum ia kenal . apalagi terhadap cewe yang mencobamendekatinya . seperti sekarang ini di depan Mia dan Tania , Randy bersikap seperti mayat hidup ( Randy , Randy ada-ada saja kamu ini) . walaupun begitu Randy termasuk cowo yang sangat baik dan pengertian .



Ya ampun sakingsibuknya memikirkan sikap Randy , aku sampai lupa kalau aku harus berpamitan kepada Tania dan Mia sekarang karena Randy sudah menugguku dari tadi .



" guys , sorryaku harus ikut dia sekarang , sorry banget aku ga bisa ikut kalian hari ini , "ucapku dengan berasa bersalah terhadap kedua sahabatku ini .



" ga apa-apa kosya , kita bisa maklum , " ucap Tania . Aku hanya bisa tersenyum " thanks ya guys . "



Dengan penuh selidik Mia menghujamiku ribuan pertanyaan " Sya cowo itu siapa sih ? kenal dimana ? ko aku baru liat yah ? ko kamu ga pernah cerita tentang cowo itu ke kita? jahat banget sih kenal cowo secakep itu diam aja . hmm tapi sayang banget sihcakep-cakep ko sikapnya dingin dan jutek gitu , udah kaya mayat hidup aja tuhcowo . "



Ya ampun miakalau udah liat cowo cakep dikit aja udah seheboh gitu . mana cerewet banget lagi . untung aja Randy udah keparkiran duluan . KALAU GA ?? Randy bisadikomentari abis-abisan tuh sama mia .



" bahasnya nantiaja yah , sekarang aku harus pergi sebelum Randy benar-benar marah padaku , karenasudah terlalu lama menungguku , " jelasku dan saat itu juga aku langsung kaburdari Tania dan Mia .



Akhirnya aku bisakabur juga dari serbuan pertanyaan mia . Oh Randy kenapa kamu harus datang kesekolah ku ? kenapa kau datang di saat aku sedang bersama sahabatku ? apa yangharus aku katakana besok dalam menghadapi Tania dan Mia ?? hhh.. aku hanya bisa pasrah .



*****



" sorry nunggu lama , tadi Mia dan Tania menghujami ribuan pertanyaan tentang kamu . mereka menanyakan siapa kamu ? kenal di mana ? ada hubungan apa aku dengan kamu ? kamu mau ngajak aku kemana ? dan bla.. bla.. bla.. jadi sorry udah nunggu lama , "ucapku dengan nafas terengah-engah .



Bagaimana nafasku ga terengah-engah coba , tadi aku lari maraton dari sekolah sampai ketempa parkiran untuk mencarimu dan sialnya kamu tak ada di sana . setelah kucari-cari ke beberapa tempat ternyata kamu ada di sini , di warung ini sedang duduk manis dan es teh . ya ampun Randy betapa merepotkannya kamu ada di sini ,ucap batinku .



Melihat reaksiku Randy hanya tertawa , " kamu ini Sya , lucu banget sih . coba saja kamu lihat wajahmu sekarang , semua orang yang kenal denganmu pasti ga akan pernah menyangka kalo ternyata kamu ini ALISYA FEBRIANA pemenang putri remaja 2010 . "



" hah ?? emang kenapa dengan wajahku ? ih RANDY WILLIAM SAPUTRA nyebelin banget sih kamu . Aku capek-capek lari maraton gini malah kamu ledekin . nyebelin.. nyebelin..nyebilin.. " ucapku ngomel-ngomel . randy hanya tersenyum melihat reaksiku .



Belum puasmenumpahkan kekesalanku , aku berkata pada Randy " kamu itu yang aneh . tadiaja di depan Tania dan Mia sikap kamu jutek dan dingin gitu , udah kaya mayat hidup aja . ehhh sekarang di depan aku kamu malah ngeledek gini , " mendengar ucapanku untuk kesekian kalinya Randy hanya tersenyum . entah mengapa melihats enyum Randy hatiku menjadi tenang (Randy tetaplah tersenyum seperti itu untukku) .



" ouh iya , memangnya kita mau kemana sih ? tumben banget ngejemput aku ke sekolah ? pasti ada halpenting yah ?? " seketika itu pula senyum Randy memudar dan aku melihat ekspresi Randy berubah manjadi murung . ada apa dengan Randy ? kenapa hari ini dia bedasekali ? mengapa Randy menjadi pendiam ? apa ada yang salah dengan ucapanku ?jangan.. jangan......



" Randy sorry akuga bermaksud ..." ucapku ragu " menyakiti hatimu . " aku hanya menundukkan kepala. bingung juga apa yang harus aku lakukan saat ini . gak tau kenapa Randy hanyadiam membisu . Suasana terasa sangat sunyi , tak ada yang berbicara , yang terdengar hanya suara kendaraan lewat .



" sebaiknya kita pergi sekarang , aku takut nanti kita kesorean . " aku hanya mengangguk mengikuti apa yang di katakan randy walaupun sebenarnya aku masih tak mengerti. tapi ya sudahlah ku ikuti saja maunya .



*****



Ternyata randy membawaku ke tempat pemakaman umum . mau ngapain Randy mengajakku kesini ? maukemakam siapa ? Randy kenapa kamu membuat aku pusing seperti ini ? tuhan apayang sedang terjadi ? kenapa Randy menjadi pendiam gini ? dari tadi di sekolahsampai di tempat ini Randy hanya diam dan membisu .



Tak tahan dengan semua ini aku putuskan untuk membuka suara . " ngapain kamu bawa aku ke sini ? apayang terjadi Randy ? kenapa kamu menjadi seperti ini ? jawab aku Randy please ," ku keluarkan apa yang dari tadi terngiang-ngiang di otakku .



Randy hanya diam menatapku . tatapan matanya sangat tajam . sehingga aku tak bisa mengartikan maksud dari tatapan itu . akhirnya Randy membuka suaranya dan tersenyum untukku( lagi-lagi senyum yang selalu membuatku tenang) .



" sabar aja ya sya , sebentar lagi juga kamu akan tau ngapain aku bawa kamu ketempat ini .yang pasti kamu harus sabar dalam menghadapi semua ini . kamu harus mengikhlaskannya . " tatapan itu , aku bisa melihat jelas sekarang , diaterlihat sangat sedih . apa yang terjadi mengapa Randy berkata seperti itu ?apa maksud semua ini ?



Tak ingin otakku bekerja sendirian , aku memutuskan untuk menanyakan hal ini . mungkin Randy bisa menjelaskannya , ucap batinku . " apa maksud dari kata-kata mu barusan Randy? " mendengar ucapanku Randy tetap membisu . tanpa berkata apa-apa Randy hanya menuntunku jalan hingga kita sampai di salah satu makam .



Sesaat kemudianaku mengerti arti dari apa yang di ucapkan Randy , bahkan aku sangat mengerti .saat itu pula aku merasa dunia ini runtuh bersama dengan hatiku . dengantatapan masih tak percaya , aku tak tau apa yang harus ku lakukan saat ini .kini aku tau jawaban dari pertanyaanku tentang Randy sedari tadi .



Mengapa Randy ada di sekolah ku ?



Mengapa tatapan itu terlahat sangat sedih ?



Mengapa Randy mengajakmu ke sini ?



Mengapa Indra tak ada ?



Karena ia ingin mengantarku ke pemakamam INDRA VERNANDOO orang yang sangat aku cintai . "knapa harus aku yang merasakan hal ini Randy ? knapa harus Indra yangdi ambil ? knapa ? bagaimana dengan aku ? apa yang harus aku lakukan ? , "teriakku kepeda Randy .



Tanpa diminta airmata itupun tumpah saat itu pula . Randy tak bisa berbuat banyak , ia hanya bisa merangkul tubuhku yang begitu lemas dan selalu mengingatkanku untuk tetaps abar dan ikhlas atas semua ini . dalam pelukan Randy aku biarkan tangis kutumpah sepuasnya .



*****



Ketika aku mulai tenang , aku duduk di samping makam pacarku orang yang paling aku sayang .dengan sepenuh hati aku panjatkan doa agar Indra bisa tenang di alam sana .



" kenapa kamu tak beri tau ku dari awal ?? " tanyaku lirih . Randy hanya menunduk dengan rasabersalah . " maafkan aku sya , aku ga siap ngasih tau kamu . aku pasti akan benar-benar terpukul . aku ga tau apa yang harus aku katakan padamu kalau Indra sudah meninggal dunia . aku ga tau bagaimana menjelaskannya padamu kalau ternyata Indra sudah tak tahan lagi menahan rasa sakit akibat penyakit kanker otak yang di deritanya .



Apa ?? kanker otak ?? ga mungkin . ga mungkin Indra menderita kanker otak , Randy pasti hanyamengada-ngada dan makam ini bukan makam indra pacarku , makam ini pasti makam indral ainnya . Tapi kalau itu yang terjadi bagaimana ?? mengapa Indra tak pernah cerita tentang penyakit yang di deritanya ?? apa Indra tak percaya kepada ku ??memikirkan hal ini tangisku semakin pecah .



Seolah mengertiapa yang aku fikirkan , Randy menjelaskan semuanya dengan detail kepadaku .



" Indra memang dari awal tak ingin semua orang tau tantang penyakit yang di deritanya . yang tau penyakit ini hanya keluarga Indra dan aku sahabatnya dari kecil . emang awalnya aku tak percaya kalau Indra sahabatku dari kecil manderita penyakit kanker otak ini tapi apa yang harus di bagaimanakan lagi ? ini semua kenyataannya . saat Indra tau ia menderita kanker otak Indra menjadi berubah drastis. dia menjadi lebih pendiam dan seperti orang yang tidak mempunyai semangat hidup . hingga suatu saat kamu hadir di hidup indra dan saat itu pula Indra kembali semangat dalam manjalani hidupnya dan berusaha lebih keras lagi untuk sembuh dari penyakit yang dideritanya . " aku hanya bisa tersenyum tipis setelah mengetahui perubahan sikap Indra ketika mengenalku . "tapi mengapa Indra tak pernah menceritakan tentangpenyakit yang di deritanya kepadaku ?apa indra tak percaya padaku ?? aku ini kan pacarnya , " pertanyaan itu yangterngiang-ngiang dikepalaku sedari tadi .



" dia tidak mau kamu tau tentang penyakitnya , kerena Indra takut ketika kamu tau tentang penyakit ini kamu akan meninggalkan Indra . alasan lainnya karena Indra tidak mau membuat kamu khawatir . itulah sebabnya knapa Indra tak menceritakan hal ini pada mu Alisya . percayalah Indra sangat mencintaimu . "



Saat itu aku mengerti kenapa Indra tak pernah menceritakan hal ini kepadaku .



Indra makasih kamu udah buat hari-hariku menjadi indah . Kamu selalu sabar dalam menghadapi sikap aku yang kekanak-kanakan . Makasih selama ini kamu udah mau menjadi bintang aku . Indra aku tak akan pernah marah kalau kamu ga cerita tentang penyakit yang kamu derita yang selama ini , aku tau itu sangat berat .Makasih udah hadir di hidup aku , Aku mencintaimu Indra . Sekarang aku ikhlas melepasmu pergi . Semoga kamu tenang di alam sana .

" sya udah sore kita harus pulang sekarang . " Tangan hangat itu menyentuh bahuku dan menuntunku untuk berjalan .Dengan hati ikhlas aku meninggalkan makam indra . Untuk terakhir kalinya akumelihat makam indra dan aku melihat sosok yang sangat aku cintai berdiri didekat makam , dia tersenyum kepadaku . Aku hanya bisa berkata selamat jalan Indra semoga kamu tenang dialam sana .

Aku sangat mencintaimu .

No comments:

Post a Comment